Jumat, 04 Juni 2010

Perubahan Energi

Sebuah benda yang memiliki gerak dan berada pada ketinggian tertentu memiliki sebuah Energi. Jika ditinjau dari segi gerak benda tersebut maka benda tersebut memilki Energi Kinetik sedangkan benda yang berada dalam suatu ketinggian maka benda tersebut memilki Energi berupa Energi Potensial yang dapat ditinjau dari massa, ketinggian benda tersebut.

Energi suatu benda atau sistem adalah kemampuan benda atau sistem itu melakukan kerja. Tiap perubahan baik kimia maupun fisika, melibatkan perubahan energi. Energi mempunyai berbagai bentuk, energi panas atau kalor, energi listrik, energi radiasi, energi kimia dan energi nuklir merupakan sebagian kecil dari energi yang ada.

Dari penjelasan itu semua, semua energi tersebut datang bukan karena dibuat oleh sesorang atau akibat perlakuan seseorang. Maka, ada sebuah Hukum Kekekalan Energi, yakni “Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, hanya dapat di ubah ke bentuk energi yang lain”. Berikut penjelasan dari beberapa energi yang sering dikenal.

Energi Listrik
Energi Listrik adalah macam energi yang dikaitkan dengan lewat sebuah atau suatu arus listrik. Energi listrik diubah menjadi energi cahaya dalam sebuah lampu listrik, menjadi energi panas dalam suatu kompor listrik menjadi energi mekanika dalam sebuah starter sebuah mobil.

Energi Radiasi (Radiant Energy)
Energi Radiasi merupakan energi yang dikaitkan dengan cahaya biasa, sinar-X, gelombang radio dan sinar infra-merah. Energi radiasi juga disebut radiasi elektromagnetik. Semua radiasi semacam ini merambat dalam ruang dengan kecepatan cahaya sebesar 3×〖10〗^8 m⁄s.

Energi Kimia
Energi Kimia adalah energi yang dimiliki suatu zat karena keadaan kimia suatu bahan. Energi kimia diubah menjadi energi semacam lain bila materi mengalami perubahan denang macam yang sesuai. Contoh, batubara dan bensin yang terbakar, atau bila makanan yang kita makan terbakar dalam sel-sel kita. Suatu energi kimia diubah menjadi energi panas. Kebalikannya semua macam energi dapat diubah menjadi energi kimia oleh suatu perubahan yang sesuai macam. Energi radiasi dari matahari diubah menjadi energi kimia dalam suatu pohon jagung yang sedang tumbuh; energi kimia itu dikaitkan dengan zat-zat yang membentuk tongkol. Energi kimia merupakan sumber utama energi untuk pabrik, perumahan dan transportasi.

Energi Nuklir
Energi Nuklir atau energi atom sering dikaitkan dengan cara-cara atom itu disusun. Metoda-metoda untuk mengubah energi semacam ini menjadi energi panas, cahaya dan bentuk lain yang telah dikembangkan sejak tahun 1941. Sebenarnya semua bentuk energi dapat dikelompokkan dalam dua kelas umum: energi potensial dan energi kinetik. Hal ini merupakan komponen dasar dari energi kinetik.

Energi Kinetik
Energi Kinetik adalah sebuah energi dari suatu benda karena gerakan karena benda tersebut. Pada saat air mengalir lewat turbin, per arloji perlahan-lahan mengendor, atau bensin terbakar dalam mesin mobil, energi potensial diubah menjadi energi kinetic. Suatu mobil yang bergerak, bola yang sedang melambung, pesawat yang sedang terbang dan semua memiliki energi kinetik.


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails